gambar hanya ilustrasi

Alas Kaki / Sepatu Diabetic

Apa Itu Alas Kaki atau Sepatu Diabetic?

Merupakan alas kaki yang khusus di buat untuk mengakomodasi kebutuhan Penderita Diabetes. Kaki merupakan organ gerak penderita diabetes yang mudah terluka dan paling sulit untuk sembuh cepat, sirkulasi darah yang terganggu menjadi salah satu penyebabnya.

Gangguan Saraf (Neuropati)

Kebanyakan penderita diabetes tidak menyadari adanya luka maupun tingkat keparahan luka yang terus bertambah akibat gangguan saraf (neuropati) yang disebabkan oleh kerusakan yang ditimbulkan dari tingginya kadar gula darah. 

Kondisi neuropati menyebabkan penderita diabetes tidak merasakan sakit atau tekanan pada kaki.

Konsultasikan Kondisi Kaki Anda
Dapatkan Segera
Alas Kaki Diabetic

Kondisi Kaki Diabetic

Dalam kondisi normal, menggunakan alas kaki / sepatu pada umumnya tentu tidak menjadi masalah. Saat menggunakan sepatu akan terjadi pergeseran kaki dengan sepatu, kaki bergerak kedepan, kebelakang bahkan ke samping kanan kiri. Namun berbeda dengan diabetic foot, pergeseran atau gesekan yang terjadi dapat mengakibatkan kapalan, lenting (blister) dan ulkus, dan sering kali penderita tidak sadar karena sudah tidak dapat merasakan sakit atau tekanan pada kaki akibat gangguan saraf (neuropati). 

Luka yang timbul pada penderita diabetic foot menjadi sulit untuk cepat sembuh karena sirkulasi darah yang tidak lancar. Bahkan lebih parah luka yang terkena infeksi karena penanganan yang tidak tepat, merusak saraf bahkan dapat merubah susunan tulang, hingga mengakibatkan kaki menjadi rata, bahkan terpaksa harus di amputasi untuk menyelamatkan nyawa penderita.

Insole atau Sisipan Sepatu

Salah satu yang menjadi pembeda sepatu diabetic dengan sepatu biasa adalah sisipan sepatu. Pada sepatu diabetic, sisipan sepatu sangat berperan penting menjaga kaki untuk seminim mungkin tergeser sehingga tidak mengakibatkan gesekan berlebih pada kaki. Sisipan sepatu ini di buat secara khusus mengikuti bentuk kaki, kondisi luka pada kaki, hingga titik tumpu kaki. Diukur secara presisi menggunakan alat khusus.

Bentuk Sepatu & Sirkulasi Udara

Setidaknya ada 5 kriteria sepatu atau alas kaki diabetic yang baik:

  • Alas sepatu baik insole atau outer sol harus disesuaikan dengan bentuk telapak kaki berdasarkan distribusi titik tumpu saat berdiri.
  • Mempertahankan kesejajaran terhadap garis pergelangan kaki, lutut dan panggul.
  • Desain disesuaikan dengan segala kelainan seperti luka, kapalen, dan bentuk jari kaki yang berubah. Bila diperlukan dikarenakan kasus yang lebih parah, harus menggunakan sepatu khusus yang bersifat off-loading (telapak kaki tidak mendapat tekanan gravitasi saat berdiri)
  • Mudah digunakan
  • Penggunaan bahan yang lembut dan nyaman, sirkulasi udara yang cukup
Konsultasikan Kondisi Kaki Anda
Dapatkan Segera
Alas Kaki Diabetic

Hubungi Kami

RS Mitra Keluarga Kenjeran
Jl. Kenjeran No.506, Kalijudan, Mulyorejo
Kota Surabaya, Jawa Timur 60134

Call Center
+62 812-3456-9172