Diabetes adalah Sebuah penyakit kronis(menahun) yang terjadi saat pankreas tidak lagi mampu membuat insulin, atau bila tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin dengan baik yang dihasilkannya.

Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas, yang bertindak seperti pengontrol untuk  glukosa dari makanan yang kita makan lewat dari aliran darah ke dalam sel dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Semua makanan karbohidrat dipecah menjadi glukosa dalam darah. Insulin membantu glukosa masuk ke dalam sel.

Tidak mampu memproduksi insulin atau menggunakannya secara efektif menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah (dikenal dengan hiperglikemia). Hiperglikemia jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh dan kegagalan berbagai organ dan jaringan.

Pasien dengan diabetes dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius seperti Jantung dan pembuluh darah, ginjal, mata dan Saraf. Di samping itu, penderita diabetes juga memiliki resiko tinggi terkena infeksi. Di semua Negara berkembang, diabetes merupakan faktor penyebab utama penyakit kardiovascular, gagal ginjal dan Amputasi anggota tubuh.

Menjaga kadar gula darah mendekati normal dapat membantu mengurangi atau mencegah komplikasi. Oleh karena itu, pasien dengan Diabetes perlu monitor kadar gula secara berkala.

 

Diabetic ulcer

Diabetic ulcer sering terjadi di telapak kaki dan bagian bawah jempol kaki. Diabetic ulcer dapat terjadi juga di tepi telapak kaki, hal ini sering terjadi karena ukuran sepatu yang kurang pas.Meskipun Diabetic ulcer tidak menyebabkan nyeri, tapi luka tersebut perlu di periksa oleh tenaga kesehatan yang berkompeten secara segera. Mengabaikan luka di kaki dapat menyebabkan infeksi, yang dapat meningkatkan resiko kehilangan anggota badan.

Apa yang akan petugas kesehatan lakukan terhadap luka anda bergantung derajat lukanya. Petugas kesehatan anda dapat meminta x-ray untuk memastikan tulang kaki anda tidak terkena infeksi dan jika ditemukan banyak jaringan yang mati, maka perlu dilakukan pembersihan, untuk itu anda memerlukan rumah sakit dengan peralatan lengkap dan dokter yang ahli di bidangnya. Jika ditemukan kecurigaan infeksi, maka perlu di periksakan kultur untuk mengetahui jenis kuman dan sensitivitas antibiotik

Menjaga kaki anda sangat penting. Berjalan diatas ulkus dapat menyebabkan ulkus bertambah besar dan memaksan infeksi lebih dalam ke kaki anda. Ahli diabetic foot anda dapat mendesain sepatu khusus, brace pada telapak kaki anda untuk memproteksi.

Setelah ulkus di kaki anda sembuh, anda perlu merawat kaki anda dengan hati-hati. Jaringan luka yang telah sembuh dapat mudah terbuka atau mudah luka. Anda memerlukan sepatu khusus yang dapat memproteksi sekaligus mencegah luka kembali.

 

Neuropathy diabetic

Meskipun dapat menyebabkan nyeri, kerusakan saraf yang diakibatkan oleh Diabetes juga dapat mengurangi kemampuan untuk merasakan nyeri, panas dan dingin. Kehilangan rasa nyeri berarti anda mungkin tidak menyadari sebuah luka di telapak kaki. Anda mungkin saja menginjak batu di dalam sepatu atau menginjak benda tajam dan telapak kaki anda mengalami luka tanpa anda sadari! Anda tidak akan merasakan luka hingga luka tersebut berkembang menjadi infeksi. Kombinasi antara Neuropathy diabetic dan Peripheral Vascular Disease (PVD) yang tidak di monitoring secara kontinyu dapat menyebabkan kehilangan anggota gerak tubuh.